Kesehatan

Ini Dia Obat Batuk Kering yang Mudah Anda Dapatkan di Rumah

February 20, 2020

Sakit batuk merupakan sakit yang sering diderita siapa saja dari anak-anak, dewasa hingga manula. Ada banyak sebab mengapa seseorang menjadi batuk dari alergi, debu, infeksi, hingga masalah pada tenggorokan. Batuk sendiri dibedakan menjadi dua jenis yaitu batuk kering dan batuk berdahak. Batuk kering adalah batuk yang tidak disertai dengan produksi dahak sehingga bersifat kering. Sedangkan batuk berdahak adalah batuk yang disertai dengan produksi dahak. Karena batuk merupakan penyakit yang sering terjadi dengan berbagai sebabnya, batuk yang disebabkan oleh virus, debu atau masalah di tenggorokan sebenarnya bisa sembuh tanpa obat medis. Untuk mempercepat penyembuhan, Anda juga bisa menggunakan obat batuk kering yang mudah ditemukan di dalam rumah. Sedangkan untuk batuk karena infeksi bakteri, harus menggunakan antibiotika yang diresepkan oleh dokter.

Bagi Anda yang sekarang ini sedang mengalami batuk kering, ternyata ada beberapa obat alami yang bisa digunakan untuk membantu meredakannya dimana bahan-bahan tersebut mudah di dapatkan di sekitar. Berikut ini adalah obat alami untuk batuk kering yang bisa Anda coba terlebih dahulu sebelum memeriksakan diri ke dokter:

  1. Madu.
    Meski biasanya obat batuk tidak boleh dari bahan yang kental, ternyata madu menjadi pengecualian. Madu memiliki khasiat menekan frekuensi batuk serta menambah daya tahan tubuh. Dengan begitu batuk akibat virus dapat juga disembuhkan dengan bantuan madu murni. Tambahkan dua sendok teh madu murni ke dalam satu gelas teh hangat dan konsumsilah 2 kali sehari.
  2. Daun mint.
    Daun mint mengandung menthol yang secara alami dapat digunakan untuk mengatasi iritasi di tenggorokan. Iritasi bisa timbul akibat makan makanan yang terlalu keras atau menelan benda asing yang melukai kerongkongan. Dengan kandungan menthol pada daun mint, luka iritasi bisa di rangsang untuk segera menutup sehingga mengurangi frekuensi batuk.
  3. Jahe.
    Pasti semua orang sudah mengetahui khasiat jahe untuk obat batuk. Jahe mengandung senyawa anti radang yang dapat dimanfaatkan untuk mengurangi peradangan di tenggorokan maupun di pita suara. Dengan begitu frekuensi batuk kering dapat ditekan. Selain itu jahe juga memiliki rasa hangat untuk memberi sensasi nyaman di tenggorokan.
  4. Bawang putih.
    Jika batuk lebih mengganggu dari biasanya, Anda bisa mengunyah bawang putih yang mengandung allicin. Allicin dipercaya memiliki khasiat anti bakteri dan antivirus untuk membantu membunuh penyebab batuk kering. Selain untuk obat batuk, bawang putih yang dikonsumsi langsung juga dapat digunakan untuk mencegah berbagai penyakit lainnya.
  5. Daun thyme.
    Daun thyme atau daun thimi merupakan herbal yang telah lama digunakan sebagai obat batuk seperti pada daun mint. Gunakan ekstrak daun thyme sebagai teh dan minumlah dua kali sehari hingga batuk mereda.
  6. Jeruk nipis.
    Jeruk nipis dapat melegakan otot-otot pernafasan sehingga tenggorokan akan terasa lebih nyaman. Dengan begitu batuk kering juga akan mereda dengan sendirinya.

Berbagai pilihan obat batuk kering tersebut di atas bisa Anda temukan dengan mudah di rumah bukan? Selain sebagai obat, kandungan manfaat dari obat herbal dapat Anda gunakan sebagai upaya pencegahan untuk menjaga kesehatan. Agar memberikan manfaat yang maksimal, konsumsilah obat herbal tersebut secara rutin setiap harinya. Antioksidan alami yang terkandung di dalam obat herbal mampu membantu sistem kekebalan tubuh untuk menangkal bibit penyakit agar tidak berkembang meski sudah masuk ke dalam tubuh manusia.