Gaya Hidup

Keunikan Batik Nusantara (Batik Sidoarjo)

October 6, 2019

Batik Sidoarjo Jawa Timur sudah ada sejak 1675. Sudah tentu sudah cukup lama dan telah menjadi salah satu evolusi batik pada masa itu. Selain batik, ada juga tempat wisata menarik di Sidoarjo. Banyak pengrajin batik dengan kualifikasi tinggi. Di masa lalu, batik digunakan sendiri. Dari tahun 1950 dan seterusnya banyak orang telah memasarkan di toko batik, di pasar yang berbeda. Sekarang banyak orang menjualnya di pasar jetis. Untuk lebih jelasnya kita akan membahas karakteristik dan motif batik Sidoarjo.

Dari segi warna

Menariknya, jika Anda memahami lebih dalam tentang batik Sidoarjo, itu akan terlihat unik. Satu berwarna. Warna-warna batik Sidoarjo tidak begitu mencolok dan cenderung memiliki warna gelap. Bahkan, banyak batik menggunakan warna cokelat, tetapi tidak mengecualikan warna lain. Ini juga permintaan pasar. Di mana warna gelap mungkin hanya cocok untuk tujuan yang berbeda. Berbeda dengan warna-warna cerah yang biasanya digunakan untuk berbagai keperluan. Jadi jangan heran jika beberapa pengrajin juga menghadirkan warna-warna cerah pada batik.

Dari segi kualitas

Ciri khas batik Sidoarjo selanjutnya yang bisa dilihat adalah dari segi kualitas. Hampir semua wilayah di Indonesia berjalan dengan sangat baik. Pengrajin yang kompeten menghasilkan batik berkualitas. Sejumlah pengrajin batik termasuk di wilayah Sidoarjo. Teksturnya lembut dan memiliki nilai jual tinggi. Anda tidak perlu meragukan kualitas batik yang dibuat oleh pengrajin. Karena itu dijamin daya dan kebersihannya. Sangat bagus dan cocok untuk diimplementasikan, terutama di pakaian. Dengan kualitas tinggi, harga batik Sidoarjo tentu saja tetap sebanding. Dijamin jika Anda saat ini ingin membeli Batik asal Sidoarjo tidak akan menyesal!

Dari segi motif

Karakteristik ketiga batik sidoarjo adalah motifnya. Memahami motif batik sebenarnya cukup sulit. Padahal, setiap daerah memiliki motif batiknya sendiri. Pengrajin tradisional umumnya memiliki motif yang akrab. Namun untuk motif Sidoarjo, batik berbeda. Yaitu penggunaan batik. Salah satunya adalah motif dengan binatang agar lebih menarik.