gejala awal kehamilan minggu pertama
Kesehatan

Mengenali Gejala Awal Kehamilan Minggu Pertama

Bagi pasangan suami istri, mendapatkan kondisi sang istri dalam kondisi hamil tentu merupakan kabar yang sangat menggembirakan. Namun, tidak jarang pada pasangan suami istri yang masih baru, justru belum bisa mengenali tanda-tanda kehamilan pada istri. Maka dari itu, artikel ini akan memberikan penjelasan mengenai gejala awal kehamilan minggu pertama yang akan bermanfaat bagi Anda. Hal ini bertujuan agar pasangan suami istri ini bisa sedini mungkin melakukan pengecekan kondisi janin dalam perut sanga ibu. Dengan begitu kebutuhan pertumbuhan dan perkembangan sang janin bisa segera dicukupi agar bisa tumbuh sehat dan memiliki tubuh yang sempurna. Selain itu agar pasangan suami istri juga bisa segera melakukan berbagai persiapan untuk menyambut kelahiran sang bayi.

Berikut adalah gejala awal kehamilan minggu pertama yang perlu untuk Anda ketahui. Biasanya gejala yang muncul di kehamilan minggu pertama adalah Anda tidak mengalami menstruasi. Apabila Anda mengalami keterlambatan di waktu seharusnya mendapatkan menstruasi, maka bisa jadi itu dikarenakan Anda sedang hamil. Selain itu, biasanya Anda juga akan mengalami buang air kecil yang lebih sering daripada biasanya. Hal ini dikarenakan pengaruh hormon hCG yang diproduksi oleh tubuh, sehingga akan mempengaruhi pada frekuensi buang air kecil yang menjadi kian meningkat. Gejala lain yang juga akan muncul adalah Anda akan mengalami rasa sakit pada daerah perut. Biasanya Anda akan merasakan kram perut, dimana hal ini dikarenakan proses implantasi janin pada dinding rahim. Namun anda tidak perlu khawatir, setelah proses implantasi janin pada dinding rahim sudah menempel dengan sempurna, maka Anda tidak akan lagi merasakan rasa sakit pada perut atau pun merasakan kram pada perut. Gejala lain yang juga akan muncul adalah adanya bercak darah atau pun pendarahan. Dalam dunia medis gejala ini dinamakan implantation bleeding. Penyebab munculnya darah ini juga dikarenakan proses penempelan janin pada dinding rahim. Namun jumlah darah yang keluar hanya sedikit, tidak sebanyak ketika Anda mengalami menstruasi.

Berdasarkan beberapa keterangan mengenai gejala awal kehamilan minggu pertama yang sudah dipaparkan di atas, semoga bisa membawa manfaat bagi Anda. Semoga Anda menjadi lebih mengerti apa saja gejala – gejala awal yang akan muncul saat Anda mengalami kehamilan di minggu pertama. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir lagi ketika mengalami beberapa gejala tersebut. Justru Anda bisa segera mempersiapkan diri dalam menjalani masa kehamilan. Hal yang tidak kalah penting adalah Anda segera pergi mengunjungi dokter kandungan untuk memastikan kehamilan Anda dan untuk mengetahui bagaimana kondisi janin yang ada di dalam rahim Anda. Semoga Anda bisa merawat janin Anda dari awal kehamilan hingga nanti tiba saatnya bagi Anda untuk melakukan persalinan.