Penting! Bagaimana Cara Mengetahui Kehamilan Bagi Ibu Muda

Kehamilan merupakan masa dimana ibu mengandung calon bayi dari hasil percampuran sel sperma dengan sel telur. Setelah mengalami masa-masa tertentu pembuahan atas sel telur akan menghsilkan zigot dan zigot nantinya akan menghasilkan calon bayi di kemudian hari. Namun saat ini banyak sekali para ibu muda yang tidak menyadari masa kehamilannya. Sikap seperti ini bisa saja membahayakan calon bayi karena kalau ibu tidak tahu bahwa dia telah hamil dan melakukan aktifitas berat tentunya akan berefek pada calon bayi juga. Untuk itu sangat penting untuk ibu muda bagaimana tanda-tanda atau cara mengetahui kehamilan.

Cara mengetahui kehamilan ini sebenarnya bisa dirasakan sendiri oleh ibu muda. Namun biasanya mereka malah mengabaikan tanda-tanda ini dan menganggapnya suatu hal yang sudah lumrah. Contoh saja gejala kram di perut setelah terjadi pembuahan pada sel telur adalah salah satu gejala bahwa ibu muda telah memasuki masa kehamilan. Namun gejala kram di perut ini sering luput dari pandangan ibu muda karena gejala ini juga sama dengan gejala saat datang bulan. Kebiasaan inilah yang menjadikan ibu muda lalai untuk mengetahui masa kehamilannya. Selain gejala kram pada perut, tanda lain yang bisa Anda dapati adalah adanya bercak putih yang ada pada vagina. Ini disebabkan karena dinding vagina setelah proses pembuahan. Gejala munculnya bercak putih ini tidak membahayakan bagi Anda namun jika bercak putih ini disertai dengan bau yang tidak sedap maka Anda perlu waspada dan segera memeriksanya ke dokter untuk mengetahui apa yang sedang terjadi. Tanda lain dari datangnya masa kehamilan adalah membesarnya payudara. Perubahan mendasar pada payudara Anda seperti membesar, menjadi keras, ataupun terasa sakit pada beberapa minggu setelah pembuahan juga menjadi indikasi bahwa Anda telah hamil. Ini di sebabkan karena beberapa organ wanita sangat sensitif sekali setelah terjadi pembuahan dan salah satunya terjadi pada payudara. Ini juga mengindikasikan bahwa payudara Anda sedang mempersiapkan untuk memproduksi susu untuk kebutuhan gizi anak Anda nantinya.

Namun dari kesemua tanda kehamilan yang paling sering dirasakan oleh calon ibu muda adalah mudahnya merasa lelah. Ini disebabkan karena beberapa hormon dalam tubuh yang biasanya menyuplai energi untuk sang ibu di alihkan ke proses kehamilan untuk calon bayi. Ini adalah cara mengetahui kehamilan pada ibu muda yang belum faham masalah kehamilan. Dan setelah ibu muda merasa kelelahan maka sangat di anjurkan untuk segera istirahat.