Penyebab dan Gejala Umum Hepatisis B

Mungkin hepatitis bukan lagi penyakit yang asing bagi masyarakat umum. Kamu tentunya pernah mendengar beberapa kasus dari penyakit ini atau bahkan merasakannya sendiri. Tipe apa yang pernah kamu alami? A, B atau C? Nah, untuk kali ini kita akan membahas tentang hepatitis B. Apa sih itu hepatitis B? Bagaimana penyebab dan gejala umum hepatitis B? Menurut alodokter.com hepatitis B adalah peradangan organ hati yang disebabkan oleh virus hepatitis B. Virus ini dapat menylar melalui hubungan seksual dan berbagi jarum suntik. Dilansir dari hellosehat.ocm hepatitis B adalah penyakit hati menular yang disebabkan oleh virus hepatitis B (HBV). Penyakit ini menyebabkan infeksi akut dan infeksi kronis yang berisiko tinggi dan berkembang menjadi cirrosis dan kanker hati. Infeksi hepaititis B merupakan penyakit yang tidak bertahan lama dalam tubuh penderita dan akan sembuh sendri tanpa mengobatan khusus. Kondisi ini dapat menetap dan bertahan dalam tubuh seseorang dan menjadi penyakit kronis. Penyakit ini juga menimbulkan komplikasi yang dapat membahayakan nyawa, yaitu sirosis dan kanker hati. Penderita penyakit hepatitis B kronis perlu melakukan kontrol secara berkala ke dokter untuk penanganan yang tepat. 

Bagaimana dengan penyebab dan gejala umum hepatitis B? Gejala umum hepatitis B sering kali tidak timbul secara jelas. Hal ini membuat penderitanya kadang tidak menyadari bahwa dia telah terinfeksi penyakit ini. namun, gejala tetap dapat muncul setelah satu sampai lima bulan sejak pertama kali terpapar virus. Gejala yang dapat muncul adalah demam, mual, muntah, lemas, sakit kepala, serta penyakit kuning. Peyakit kuling adalah kondisi menguningnya kulit dan bagian putih mata atau sklera. Penyakit ini sebenarnya bukanlah suatu penyakit, melainkan tanda dari sebuah penyakit. Lalu apa yang menyebabkan penyakit ini terjadi? hepatitis B tidak akan menular bila hanya berbagi alat makan atau berpelukan dengan penderitanya. Penularan virus akan terjadi ketika kamu berhubungan seksual tanpa kondom dan berbagi jarum suntik dengan penderitanya. Hal ini karean virus hepaitits B berada di dalam darah dan cairan tubuh seperti sperma dan cairan vagina.

Baiklah, melihat dari penyebab dan gejala umum hepatitis B, kamu sekarang tentu mengerti bahkan kamu tidak perlu menjauhi orang dengan penyakit ini karena perpindahan virus infeksi ini tidak semudah itu. Kamu hanya tidak boleh berhubungan seksual tanpa pengaman dan menggunakan jarum suntik yang sama dengan penderta. Dengan menghindari dua hal tersebut kamu mungkin akan dapat terhindar dari virus infeksi ini.

Menurut hellosehat.com terdapat dua pembagian dari penyakit ini yaitu infeksi HBV akut dan infeksi HBV kronik. Pada infeksi HBV akut, yaitu penyakit sementara yang terjadi selama enam bulan pertama setelah seseorang terpapar HBV. Infeksi akut dapat menyebabkan infeksi kronik, namun tidak selalu terjadi. sedangkan infeksi HBV kronik yaitu penyakit jangka panjang yang terjadi saat virus tetap bertahan dalam tubuh seseorang selama lebih dari enam bulan.

Selain karena melakukan hubungan seksual dan berbagi jarum suntik yang sama, penularan penyakit ini paling sering terjadi secara vertikal dari ibu pada bayinya, yaitu ketika masa perinatal atau prosos persalinan. Penyakit ini merupakan penyakit menular yang umum diderita oleh orang di berbagai belahan dunia. oleh karena itu, kamu perlu untuk mengetahui penyebab dan gejala umum hepatitis B agar dapat menghidanrinya.