Realita Kehidupan Solidaritas Umat Beragama

Realita kehidupan bahwa dalam hidup ini kita selalu berada dalam kondisi dimana terdapat beberapa perbedaan diantara kita dengan lingkungan. Dalam hal ini perbedaan memang sebuah hal yang tak bisa kita tolak. Salah satu perbedaan yang hampir selalu ada dalam lapisan masyarakat adalah perbedaan agama. Dalam sebuah negara sanagt jarang ditemukan bentuk negara yang didalamnya hanya ada satu agama yang hidup. Hampir disetiap negara didunia selalu memiliki beberapa jenis agama yang diizinkan dan hidup berkembang di masyarakat. Kehidupan di dunia ini pun telah berlangsung sangat lama. Sejarah mengatakan terjadi sejumlah peperangan dunia yang menimbulkan banyak korban. Namun apakah dengan masalah perbedaan agama ini harus ada perang diera semaju ini?

Salah satu realita kehidupan yang menjamur dan banyak terjadi adalah semakin tipisnya tingkat solidaritas umat beragama. Persoalan ini menjadi kian sensitif baik di media maupun di masyarakat. Terjadi perang di sejumlah negara islam dan tanpa adanya peran aksi asosiasi dunia menjadi salah satu bentuk bukti bahwa makin kedeoan semakin jarang adanya solidaritas. Padahal dalam hal ini salah satu alasan dibentuknya asosiasi dunia adalah untuk mencapai perdamaian dunia namun ternyata hal ini belum berjalan 100%. Permasalahan agama sendiri nampaknya masih dan terus bergejolak di masyarakat. Saat ini bukan hanya di satu dua negara yang mengalami konflik sehubungan dengan agama namun hampir disetiap negara memiliki konflik tersebut. Meskipun sejumlah dalih mengatakan hal ini sebagai bentuk pemberontakan dan tidak ada hubungannya dengan agama.

Sebenarnya solidaritas telah ada dan berkembang diantara kita selama ini. Namun isu dan perbuatan sejumlah oknum tak bertanggungjawablah yang telah merusak perdamaian dengan solidaritas yang telah terbentuk selama ini. Realita kehidupan semacam ini tentu saja tak bisa kita diamkan. Untuk mencapai kehidupan yang aman dan nyaman maka dari dalam diri kita sendiri harus menanamkan nilai solidaritas yang tinggi. Sekalipun terdapat pelanggaran dan sebagainya sudah ada hukum di seluruh dunia yang mengaturnya.