Lain Lain

Ritel Indonesia, Berjualan Berkonsep Family

January 22, 2019

Melihat gejolak pertumbuhan bisnis properti yang kian pesat, perkembangan pun tak bisa ditolak lagi. Ada satu kesinambungan antara bisnis properti dan bisnis Retail Indonesia terutama pada perkakas rumah tangga. Baik dari segi perlengkapan maupun maintenance sebuah rumah hunian, konsumennya bisa dijadikan target empuk. Hal tersebut lantaran dipengaruhi oleh beberapa faktor. Pertama, lokasi yang dipilih selalu berada di kawasan yang berkembang, terutama yang perumahannya tumbuh pesat. Strategi pemilihan lokasi ini terbilang jitu, terbukti hingga sekarang tidak ada retail yang tutup karena salah lokasi. Untuk pemilihan lokasi, apakah bergabung di pusat perbelanjaan atau berdiri sendiri (stand-alone), sangatlah tergantung kebutuhan.

Membangun bisnis Retail Indonesia produk rumah tangga di Indonesia boleh dikatakan masih sangat minim. Padahal kalau dihitung-hitung, bisa ada ribuan jenis barang yang wajib dilengkapi di setiap rumah. Mulai dari gembok, palu, kunci, dan perkakas keras lainnya. Celah inilah yang diambil oleh beberapa ritel lain sebagai salah satu agar mereka tetap bisa memajukan ritel mereka, Melihat perkembangan yang cukup pesat, banyak peritel indonesia mulai meniru dan mengembangkan produk tersebut. Karena untuk menjadi ritel yang tetap eksis tentu diperlukan ide khusus.

Perkembangan Retail Indonesia yang begitu pesat juga dapat dibuktikan dari jumlah gerai yang sudah berdiri saat ini. Tadinya memang memiliki plan untuk paling tidak dalam setahun mampu membuka 4–5 gerai. Namun seiring berjalannya waktu, rasanya pelebaran gerai sebanyak lima buah itu dirasa kurang cukup. Apalagi lima tahun yang lalu masuk sebagai perusahaan Tbk, yang memaksa untuk terus mengembangkan bisnis ritel perkakas ini. Pada intinya anda harus tetap memiliki ide kreatif agar anda bisa sukses. Karena ide yang unik seperti diatas tentu belum ada orang yang berkecimpung didalamnya dan tentunya ada bisa dengan cepat mengembangan ritel anda semakin maju, jika sudah begitu anda bisa memikirkan langkah selanjutnya apakah ingin membuka cabang ditempat lain atau anda bisa mencari ide unik lainnya.

Selanjutnya adalah, barang yang dijual sangat lengkap. Jika saat pertama beroperasi hanya tersedia puluhan item produk, anda bisa menambahkan produk lain yang mungkin juga dicari. Produk yang unik dan berbeda sangat penting, karena inilah yang membedakan Retail Indonesia dibanding peritel sejenis lainnya. Keberhasilan ritel yang berkecimpung di produk ini hingga saat ini pun tak terlepas dari peranan para pelanggannya yang merupakan segmen menengah ke atas. Beberapa orang mengatakan bahwa pelanggan adalah segalanya. Mempertahankan jumlah pelanggan adalah bagian yang penting. Selain pelanggan, unsur lain pendukung keberhasilan adalah sumber daya manusia (SDM). Karena itulah perusahaan ritel harus rajin melakukan training secara berkelanjutan demi menjaga kualitas SDM mereka.