tips membuat kue kukus
Lain Lain

Tips Membuat Kue Kukus Agar Mekar

Di tengah maraknya persaingan di dunia kuliner, tidak henti – hentinya setiap pihak untuk tetap bersaing agar mereka bisa menciptakan suatu kuliner yang khas dan yang paling banyak digemari masyarakat. Pada sekarang ini kuliner yang menjadi primadona dikalangan masyarakat urban adalah fast food. Karena makanan ini memiliki kelebihan dalam penyajiannya yang cepat. Namun bagi Anda yang ingin mengonsumsi makanan fast food tersebut pastinya pernah penasaran tentang apa dampak yang akan terjadi jika telah terbiasa makanan fast food tersebut. Meskipun banyak fast food yang telah dijual di pasaran, alangkah baiknya jika Anda mencoba suatu kuliner yang tidak kalah enaknya, yaitu kue kukus. Meskipun kue kukus ini merupakan kue tradisional, namun cita rasa dari kue kukus ini masih bisa untuk bersaing dengan makanan – makanan pada waktu sekarang ini. Nah bagi Anda yang ingin mengonsumsi kue kukus namun ingin membuatnya sendiri, berikut ini ada beberapa tips membuat kue kukus agar hasilnya mekar sempurna dan pastinya enak.

Perlu Anda ketahui, bahwasannya cara membuat kue kukus ini tidak berbeda dengan membuat kue kukus pelangi. Hanya saja dalam pembuatannya, loyang dan cetakan dari kedua jenis kue kukus tersebut berbeda. Nah untuk tips membuat kue kukus yang pertama adalah mencampurkan tepung terigu dengan vanili serta baking powder. Kemudian aduk semua bahan tersebut hingga rata. Siapkan wadah lainnya untuk telur ayam, cake emulsifer, dan gula pasir. Kemudian aduk atau kocok dengan menggunakan mixer agar benar – benar tercampur rata selama 10 hingga 20 menit, pastikan kecepatan mixer tinggi agar bahan tersebut bisa mengembang. Masukkan soda sedikit demi sedikit sembari dikocok hingga tercampur rata, perlu diketahui bahwa jangan dibuka terlebih dahulu sodanya sebelum dimasukkan agar tetap bagus kualitasnya. Setelah itu campurkan adonan tepung ke wadah yang pertama dan aduk hingga rata. Kemudian siapkan cetakan kue bolu mekar, jika ingin hasil maksimal alangkah baiknya menggunakan cetakan bolu mekar alumunium.

Nah tips membuat kue kukus selanjutnya adalah pencampuran warna. Perlu diketahui, untuk mencampurkan warna pada kue kukus hendaknya pada bagian bawah cetakan diberi warna polos, kemudian warna lain dan lakukan bersilangan seperti yang diinginkan hingga membentuk pola yang cantik. Jangan langsung mencampurkan dua warna sekaligus. Kemudian setelah mengisi cetakan kue kukus tersebut kini waktunya memasak. Siapkan panci kukusan dan didihkan air pada panci kukusan tersebut. Setelah itu masukkan cetakan kue kukus tadi, ketika mengukus agar uap pada panci tidak menetes pada kue sebaiknya penutup panci kukusan diberi kain. Masak selama 10 hingga 20 menit, jika ingin mengecek kematangannya bisa menggunakan tusuk gigi yang bersih ataupun lidi.